Sya'banan Warga Dusun Mangaran-Sukamakmur Gelar Doa Bersama

sukamakmurku.blogspot.com | Dusun Mangaran Gelar Doa Bersama Sambut Nisfu Sya'ban


Syakbanan atau peringatan nisfu sya'ban selalu diperingati dengan kenduri dan doa bersama oleh umat Islam, khususnya umat Islam di Indonesia. Termasuk yang dilakukan oleh Warga Dusun Mangaran Desa Sukamakmur Kecamatan Ajung ini. Berbeda dengan peringatan hari besar Islam lainnya yang 'hanya' dilakukan kenduri di masing-masing musala, setiap sya'banan selalu diperingati dengan pembacaan Alquran dan salat sunah.

Masjid Arrahmatul Maghfurah dalam Malam Nisfu Sya'ban


Begitu pula dengan peringatan nisfu sya'ban yang jatuh pada senin malam, 30 April 2018. Bertempat di Masjid Arrahmatul Maghfuroh, Dusun Mangaran, warga yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, anak-anak dan dewasa, semua mengikuti acara doa bersama.

Acara tersebut diawali dengan salat magrib berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan salat sunah mutlak, salah sunah liqadail hajat, sujud syukur, kemudian membaca surat yasin bersama-sama sebanyak tiga kali. 

Pelaksanaan salat liqadail hajat agak panjang karena ditentukan pada rakaat pertama, setelah membaca alfatihah dibaca surat alkafirun sebanyak sepuluh kali, sementara pada rakaat kedua membaca surat alikhlas 10 kali.

"mangke mboten nopo-nopo radi dangu, nggih?" ucap Ustaz Mohamad Sholeh Salim, pengurus takmir masjid yang memimpin acara doa bersama tersebut. 

Pengurus takmir masjid yang akrab disapa Gus Sholeh ini juga mengingatkan dalam sambutannya, bahwa pelaksanaan doa bersama ini bertujuan untuk memohon keselamatan ke depannya.

Acara ini berlangsung khidmat sepanjang pelaksanaannya, hingga ditutup dengan salat isya berjamaah. 

Setelah salat isya, di masjid yang sama dilaksanakan kenduri dan doa bersama lagi oleh warga yang tinggal di sekitar masjid. Warga yang mengikuti kenduri ini, seperti biasanya membawa ambeng untuk saling ditukar sebagai bentuk sedekah dan syukur serta memohon keselamatan.

Posting Komentar

0 Komentar